Terjadi 140 Kecelakaan, GP Misano 2017 Pecah Rekor Crash Terbanyak!

GP Misano 2017 memecahkan rekor crash terbanyak sepanjang sejarah MotoGP. Pasalnya, dalam Grand Prix yang digelar di San Marino sejak Jumat, 8 September 2017 hingga Minggu (10/9) tersebut tercatat 140 kecelakaan yang melibatkan pebalap MotoGP, Moto3, dan Moto2.

Masih ingat betapa menyesakkannya nasib Jorge Lorenzo di GP San Marino akhir pekan lalu? Sempat memimpin balapan, untuk kesekian kalinya Lorenzo harus tercecer. Bukan untuk finish di papan bawah, tetapi tergelincir jatuh. Dan jelas, bukan hanya pebalap berjuluk X-Fuera itu yang menderita.

Perubahan ekstrem cuaca dari babak kualifikasi ke sesi perlombaan, menjadi kendala terbesar bagi pebalap. Jika dalam dua hari pertama –babak latihan bebas dan kualifikasi– hanya terjadi 60 kecelakaan, jumlahnya membengkak di hari terakhir saat lomba digelar.

Dicatat oleh Motorsport.com, dalam sesi pemanasan Minggu pagi waktu setempat ada 26 pebalap yang terjatuh. Sementara saat balapan, terjadi 54 crash. Sehingga sepanjang hari Minggu itu jika digabungkan ada 80 kecelakaan –lebih dari setengah dari total crash–.

Terjadi 140 Kecelakaan, GP Misano 2017 Pecah Rekor Crash Terbanyak! 2

Lebih dari separuh peserta tersingkir dari balapan Moto3 dan Moto2. Sementara itu, pebalap MotoGP terbukti lebih sukses bertahan dalam race yang dilakukan di lintasan basah. Bahkan tercatat 15 pebalap yang mampu merampungkan balapan, termasuk Johann Zarco yang terpaksa menuntun motor ke garis finish karena kehabisan bensin.

Sepanjang sejarah, 140 kecelakaan dalam sebuah grand prix adalah yang terbanyak. GP Misano memecahkan rekor yang dipegang GP Estoril, yang kala itu menghasilkan 130 kecelakaan, atau 10 crash lebih sedikit dibandingkan akhir pekan ini.

Musim ini, tercatat hanya dua grand prix yang bisa mendekati rekor GP Misano, dan semuanya di bawah 100 kecelakaan. Yaitu GP Le Mans Prancis (94 kecelakaan) dan GP Assen Belanda (91 kecelakakan). Jumlah ini bahkan cuma beda sedikit dari crash yang terjadi dalam hari terakhir GP Misano.

Sebagai catatan, musim ini, Marc Marquez yang memimpin klasemen MotoGP 2017 ternyata sudah jatuh sampai 20 kali; melebihi yang dilakukannya musim lalu, hanya 17 kali. Padahal masih ada lima balapan tersisa. Namun jumlah jatuhnya Marquez masih kalah dari pebalap Aprilia, Sam Lowes yang kecelakaan 23 kali.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here