iPhone 8

Setelah sebelumnya terungkap biaya produksi iPhone X, kini giliran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang terungkap. Smartphone terbaru besutan Apple ini ternyata memakan biaya pembuatan atau BoM (Build of Material) kurang dari separuh harganya. Biaya produksi iPhone 8 adalah $247 atau sekitar Rp 3,3 juta, sedangkan iPhone 8 Plus adalah $288 atau sekitar Rp 3,8 juta.

Seperti biasa, komponen paling mahal dalam duo smartphone Apple tersebut adalah layarnya dan disusul oleh komponen kamera, serta NAND flash. Tentunya harga produksi ini belum termasuk biaya desain dan biaya lain seperti marketing dan promosi.

Seperti yang kita ketahui, iPhone 8 mengandalkan kamera belakang berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor generasi terbaru yang dilengkapi dengan teknologi phase detection autofokus yang dikombinasikan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8, OIS, serta dibekali TrueTone quad LED flash. Kamera iPhone 8 mampu merekam video dengan resolusi 4K. Ponsel ini didukung kamera depan 7 megapiksel aperture f/2.2, fixed focus untuk foto selfie dan FaceTime.

Sedangkan iPhone 8 Plus dipersenjatai dengan dual kamera belakang berkekuatan 12 megapiksel dengan sensor generasi terbaru yang dilengkapi dengan teknologi phase detection autofokus yang dikombinasikan dengan enam elemen lensa aperture f/1.8, OIS, serta dibekali TrueTone quad LED flash.

Kedua kamera ponsel ini mampu menghadirkan fasilitas 2x optical zoom dan juga portrait mode. Kamera iPhone 8 Plus mampu merekam video dengan resolusi 4K. Ponsel ini didukung kamera depan 7 megapiksel aperture f/2.2, fixed focus untuk foto selfie dan FaceTime.

Kedua smartphone ini ditenagai oleh prosesor Apple A11 hexa-core ini terdiri dari dual-core berperforma tinggi dengan nama sandi Monsoon dan quad-core untuk efisiensi daya dengan nama sandi Mistral ditandemkan dengan grafis dari Apple custom GPU, dan didukung memori RAM sebesar 2GB (iPhone 8) atau 3GB (iPhone 8 Plus).

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here