musim hujan

Musim hujan tiba, umumnya orang akan menjadi lebih mudah sakit akibat sering kedinginan dan tidak mendapat cukup sinar matahari. Alhasil sistem imunitas tubuhnya menurun, dan virus atau bakteri akan membuat ia jatuh sakit.

Influenza merupakan satu jenis penyakit yang kerap dikeluhkan, sebab pemicunya adalah virus yang mudah sekali menyebar. Namun tidak hanya itu, ada beberapa jenis penyakit berbahaya lain yang rentan terjadi di musim hujan.

Apa sajakah? Yuk simak informasi berikut ini seperti dilansir laman Rappler, Selasa (28/11/2017):

Kolera

Saat banjir dan air kotor banyak menggenang, penyakit kolera pun mudah menyerang. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Vibrio Cholerae, yang mengontaminasi makanan atau minuman yang tidak higienis. Ia lalu menginfeksi usus penderita, yang menimbulkan gejala berupa diare, muntah, dehidrasi cepat, kulit kering, keriput, dan bola mata cekung. Penularannya bisa melalui perantara hewan seperti tikus, lalat, dan lainnya.

Leptosipirosis

Penyakit ini kerap terjadi saat banjir, karena kencing tikus yang banyak mengandung virus penyakit ini tersebar kemana-mana. Gejala awal yang terjadi jika mengalami leptosipirosis yaitu demam, nyeri otot, sakit kepala, sakit otot betis, dan mata kemerahan. Urin juga berubah warna menjadi gelap, dan kulit jadi kekuningan. Untuk mencegah munculnya penyakit tersebut, hindari kulit yang sedang terluka dari terkena air kotor dan banjir.

Demam berdarah

Penularannya adalah melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Gejala yang sering dialami adalah demam, badan lemas, dan muntah atau mual. Cegah penyakit ini dengan membersihkan lingkungan dari genangan air agar nyamuk tidak berkembang biak.

Lebih penting lagi adalah perkuat sistem imunitas tubuh saat musim hujan dengan banyak konsumsi makanan bergizi, agar tidak mudah ambruk diserang virus dan bakteri. Semoga bermanfaat.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here