Tim Toyota Periksa Fortuner Setya Novanto, Terungkaplah Beberapa Kejanggalan Ini

Posted on



Pada Jumat (17/11/2017) sore, tim investigasi dari Toyota Astra Motor (TAM) mendatangi gedung Direktorat Lalu Lintas Polda Metropolitan di Pancoran, Jakarta Selatan. Kedatangan tersebut ditujukan untuk memulai proses investigasi kecelakaan Toyota Fortuner yang membawa Ketua DPR RI dan Ketum Partai Golkar Setya Novanto pada Kamis (16/11/2017) sore, di kawasan Permata Hijau.

Melansir reportase Tribunnews.com, Minggu (19/11/2017), mobil yang sebelumnya tertutup itu pun akhirnya dibuka.

Selain melakukan pemeriksaan, tim penyidik dari TAM juga mengambil foto beberapa sektor mobil yang mengalami kerusakan, mulai dari sektor depan, kaki-kaki, hingga ke mesinnya.

Iwan Abdurahman selaku General Repair Service Manager TAM menyebutkan, proses penyelidikan akan dilakukan menyeluruh, baik dari mobil maupun lokasi kejadian.

Baca Juga:  Jokowi Pertama Kali Kunjungi Pacitan, Warga Langsung Bandingkan dengan SBY

“Hampir sama prosesnya seperti polisi. Selain (pemeriksaan) pada mobil, di TKP juga akan kami lihat (diperiksa),” tutur Iwan seperti dikutip dari Kompas.com.

“Untuk bagian apa saja yang kami cek, yang jelas sifatnya menyeluruh ya. Intinya kami ingin tahu, apakah mobil ini layak jalan atau tidak,” tandas Iwan kemudian.

Sementara itu, untuk detail pemeriksaan, Iwan tak bisa berbicara terlalu banyak.


Namun yang menjadi permasalahan utamanya berkenaan dengan fakta bahwa kantong udara (airbag) yang tidak mengembang saat terjadi benturan kecelakaan.

“Kami fokus ke situ (airbag), lalu faktor kenapa mobil bisa belok ke kanan. Karena ini katanya masuk dalam kategori kecelakan tunggal kan, artinya kenapa mobil saat sedang berjalan tiba-tiba bisa belok, itu akan kami pelajari,” urai Iwan.

Baca Juga:  Dunia Politik Geger! Kubu Sudding Bocorkan Kejahatan Oso Selama Ketuai Hanura


Tim TAM juga akan mengecek bagian lainnya, seperti kemudi dan rem.

“Pada intinya dari kami hanya melihat dari sisi teknis, kebetulan tim kami memang sudah biasa melakukan hal itu. Untuk hasil, nanti kami akan serahkan semua ke polisi karena nanti akan di-combine dengan data dari mereka,” beber Iwan.

Berdasarkan pantauan wartawan, ada pemandangan yang menarik di gedung Ditlantas saat investigasi akan berakhir.

Beberapa anak sekolah dasar (SD) bermunculan dan ingin berpose bersama Fortuner yang membawa Setya Novanto. Berduyun-duyun, mereka berseru, “Mau foto sama mobil Papa Setnov!”

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.