Loading...
Berita

Tinggalkan PAN, Bupati Bojonegoro hijrah ke NasDem

Bupati Bojonegoro

Bupati Bojonegoro

Jelang Pemilu 2019, kabar tak menggembirakan dirasakan Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur. Pasalnya kader terbaiknya ‘ganti baju’ NasDem di pemilihan calon legislatif (Caleg) tahun depan.


Dia adalah Bupati Bojonegoro, Suyoto yang akan segera menanggalkan jabatannya di tahun ini, dan akan digantikan Sekretaris IV PP Muslimat NU, Ana Muawanah yang sukses memenangi Pilbub Bojonegoro 2018. Sementara di 2019 nanti, Suyoto lebih memilih partai besutan Surya Paloh untuk kendaraan politiknya.


Kepindahan wakil ketua umum DPP PAN ke NasDem ini dibenarkan Bendahara DPW PAN Jatim Agus Maimun. “(Isu) ini memang sudah santer. Tapi kami (DPW PAN Jatim) belum menerima pemberitahuan secara de fakto maupun de jure dari yang bersangkutan,” katanya di Surabaya, Jumat (13/7).


Meski kehilangan kader terbaiknya, Agus yang juga anggota DPRD Jawa Timur ini menolak jika kepindahan Kang Yoto, sapaan akrab Suyoto, ini berdampak pada perolehan suara PAN saat Pemilu 2019 nanti. “PAN ini kan partai yang kuat pengkaderannya, dan proses pengkaderan itu dilakukan secara matang,” tegasnya.

Baca Juga:  Tolak Tawaran Umroh, Zaadit Ditawari Belajar ke Jerman

Sehingga, lanjutnya, regenerasi terus berjalan baik meski kehilangan banyak kader. “Misalnya tanpa saya, tanpa seorang Agus Maimunpun, atau tanpa kader yang lain, PAN tetap berjalan baik,” katanya yakin.


Secara kepartaian, menurut Agus, PAN tetap menghormati keputusan yang diambil setiap kadernya yang ingin pindah partai. Termasuk Suyoto yang ingin pindah ke NasDem. “Setiap orang punya hak. Kami percaya bahwa di PAN proses pengkaderan terus berjalan.”


“Jadi kalau pun toh ada satu dua yang memutuskan untuk pindah, tidak berpengaruh pada PAN. Bagi kami, justru ini tantangan untuk memperkuat partai secara kelembagaan dan menajamkan lagi dari sisi pengkaderan,” sambungnya.


Menariknya, kata Agus, meski Suyoto pindah ke NasDem, partai Matahari Terbit ini juga kedatangan kader baru dari partai besutan Surya Paloh tersebut. Sayang, Agus masih enggan mengungkap sosok yang bertukar tempat dengan Suyoto tersebut.

Baca Juga:  PKS Siap Menerima Ahok Setelah Bebas

“Ada (kader Nasdem) yang ke kami (PAN). Tapi soal siapa orangnya, nanti dulu,” dalih Agus.


Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris DPW Partai NasDem Jawa Timur, Aminurrochman juga mengatakan hal senada. Namun, dia belum berani memastikan kabar tersebut. Sebab komunikasi yang dilakukan Suyoto langsung ke DPP NasDem. “InsyaAllah Kang Yoto mau nyaleg dari Partai NasDem Dapil Tuban-Bojonegoro. Tapi update-nya saya belum tahu karena komunikasi langsung dengan DPP,” tandas Aminurrochman. (sumber)

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.