Loading...
Lifestyle

Tips Menghindari Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil, Pesawat, dan Kapal Laut

mabuk-perjalanan

Mudik perjalanan atau motion sickness menjadi masalah umum yang dialami orang berpergian jarak jauh. Apalagi pada musim mudik lebaran, macetnya jalanan dan lamanya jarak maupun waktu tempuh, dapat memicu hadirnya mabuk perjalanan. Tiap orang memiliki sensitivitas sendiri terhadap kemunculannya. Tidak semua orang akan mengalami hal tersebut.

Tanda awal dari motion sickness adalah rasa mual. Dalam kondisi yang parah, seseorang akan mengalami muntah. Kepala pun terasa pusing. Gejala ini mirip saat mengalami masuk angin. Mabuk perjalanan dapat dialami saat menempuh perjalanan darat, laut, dan udara. Jika sudah begitu, beristirahat sejenak menjadi solusi pilihan untuk meredam mual.

Ada beberapa tips untuk menghindari mabuk perjalanan:

Baca Juga:  Bolehkah Para Atlet Konsumsi Piza dan Burger?

Ambil tempat duduk yang paling nyaman. Rasa nyaman berbeda untuk setiap penumpang. Oleh sebab itu tentukan posisi duduk di kendaraan yang membuat Anda merasa aman dan tenang selama di perjalanan. Kursi depan lebih direkomendasikan. Hindari menoleh samping kanan-kiri dan fokus melihat ke depan.

Hindari berdiri. Duduk dapat mencegah perut untuk tidak mengalami banyak guncangan yang memicu mual. Berbeda halnya dengan berdiri yang memudahkan isi perut bergejolak saat kendaraan mendapatkan guncangan.

Hindari menggerakkan kepala secara mendadak. Terlalu sering menggerakkan kepala dapat memicu mabuk perjalanan dan bisa memperparahnya.

Jangan banyak jalan-jalan di kendaraan. Kadang saat malas, penumpang mondar-mandir di koridor kendaraan. In membuat fokus pandangan selalu berpindah yang bisa mengakibatkan pusing dan mual.

Baca Juga:  Supermarket Indogrosir yang Jual Daging Piton Mendapat Teguran

Hindari membaca di kendaraan. Seseorang yang naik kendaraan dan membaca apapun cenderung mudah kena mabuk perjalanan. Membaca membuat kebingungan pada tubuh karena fokus mata ada di teks tulisan namun realitanya tubuh bergerak. Kebingungan respons tubuh ini mengakibatkan motion sickness.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.