Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat meminta Yenny Wahid untuk maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Timur.

Namun, putri Presiden keempat RI Abdurahhman Wahid ini memilih untuk tak menerima pinangan tersebut. Ia juga mengemukakan sejumlah alasan kepada Gerindra.

Pertama, Yenny mengaku tak mendapat izin dari beberapa sesepuh di Nahdlatul Ulama (NU) dan anggota keluarganya.

“Dari sesepuh, bunda saya iya (tidak menginginkan dirinya maju),” aku Yeny setelah bertemu Prabowo di kediamannya, Jakarta, Rabu (3/1/2018), seperti dilansir kompas.com.

Selain itu, ia mengaku juga memikirkan keutuhan NU di Jawa Timur jika maju sebagai calon gubernur. Terlebih lagi, NU telah menyumbangkan dua kader terbaiknya di Jawa Timur, yakni Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa.

Oleh karena itu, ia tak ingin memecah belah suara NU dan hanya berharap yang terpilih merupakan kader terbaik NU.

“Jadi kita doakan yang paling baik yang akan menang. Dan yang bisa membawa kemaslahatan atau kebaikan utuk masyarakat Jawa Timur,” tukasnya.

Sebelumnya, pemilik nama lengkap Zannuba Arrifah Chafssoh Rahman Wahid ini mengaku ditawari oleh Prabowo untuk menjadi calon gubernur dalam Pilkada Jatim.


“Tawaran tersebut saya pertimbangkan dengan matang, tetapi kami keluarga Gus Dur meyakini punya tugas sejarah untuk menjaga bangsa ini dan memastikan keluarga NU (Nahdlatul Ulama) tidak pecah,” tegas Yenny.

Sementara itu, Prabowo mengaku sedih mendapat penolakan dari Yenny. Namun, ia tetap menghormati keputusan tersebut.

“Dengan sedih saya menerima dan menghormati, tapi ya mau diapakan lagi,” ujarnya.

Meski mendapat penolakan, Prabowo yakin bahwa Yenny akan tetap berkarya bagi masyarakat. Menurutnya, Yenny merupakan kader bangsa yang berkualitas dan berwawasan luas, sehingga dapat memberi pengaruh positif Indonesia ke depan.

“Kami hormati keputusan keluarga Gus Dur, NU, dan kami yakin beliau akan terus berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here