Loading...
Berita

UU MD3 Bawa Indonesia ke Zaman Kegelapan


Pengesahan revisi Undang-undang tentang MPR, DPR, dan DPD atau UU MD3 dinilai sebagai langkah untuk membawa Indonesia ke zaman kegelapan. Pasalnya, DPR mendapatkan tiga kuasa tambahan, yakni pemanggilan paksa dalam rapat DPR, imunitas, dan dapat mengkriminalisasi penghinaan terhadap DPR.
Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pengesahan UU MD3 adalah langkah anti kritik dan kebal terhadap hukum.


“Ternyata Politisi kita ingin berkuasa tanpa batas, bahkan mau mempersulit proses hukum dan memperoleh kekebalan hukum, dan anti kritik,” ujar Dahnil dalam keterangan tertulisnya kepada Tengokberita.com, Selasa (13/2/2018)


Bukan tanpa alasan, Dahnil mengkritisi beberapa aturan di dalam UU MD 3 yang dianggap mempunyai watak otoritarian tersebut. Pertama adalah tambahan Pasal 73 mengenai mekanisme pemanggilan paksa dengan bantuan polisi.

Baca Juga:  Aksi Teror Bom Bunuh Diri Kampung Melayu Ternyata Salah Sasaran?

Selanjutnya tambahan Pasal 122 mengenai langkah hukum Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) kepada siapa pun yang merendahkan DPR dan anggota DPR.


Terakhir yaitu tambahan Pasal 245 mengenai pemanggilan dan permintaan keterangan penyidikan kepada anggota DPR harus mendapat persetujuan tertulis presiden dan pertimbangan MKD.


“DPR dan parpol bagi saya kehilangan otoritas moral untuk bicara Demokrasi serta hak masyarakat sipil yang ada di dalamnya, Karena mereka secara berjamaah “membunuh” Demokrasi yang sudah dibangun sejak reformasi lalu,” kata Dahnil.


Sebelumnya, DPR mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) pada rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (12/2/2018) Pembahasan tersebut juga diwarnai oleh aksi walk out dari Fraksi PPP dan Fraksi Partai Nasdem.(wap/rot)

Baca Juga:  1,8 Juta Sampah Puntung Rokok Ditemukan di Pesisir Pantai

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.