Valentino Rossi Masih Nyeri, Nyaris Batal Tampil di Mugello Tahun Ini

Valentino Rossi belum tentu tetap sakti jika selama ini ia memakai motor Honda. Demikian yang diklaim oleh pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Pasalnya, motor RC213V Honda adalah motor yang sulit ditaklukkan, lain halnya dengan motor Yamaha yang terlihat mulus untuk dipacu menjadi nomor satu.

Dalam tiga musim terakhir, Valentino Rossi memang selalu gagal menjadi juara pertama. Namun pebalap Movistar Yamaha itu senantiasa menjadi runner-up. Ia hanya kalah dari Marc Marquez pada 2014 dan 2016, kemudian lima poin di belakang Jorge Lorenzo pada MotoGP 2015.

Jelas sesuatu yang luar biasa, mengingat Valentino Rossi adalah pebalap tertua di MotoGP. Bahkan musim ini, di usia 38 tahun, The Doctor masih mampu berada di urutan keempat klasemen, hanya berjarak 10 poin dari Marquez yang memimpin. Dan hal ini diapresiasi tinggi oleh Cal Crutchlow.

Dikutip dari Liputan6.com, Crutchlow menuturkan, “Rossi melakukan hal yang luar biasa di MotoGP. Saya mungkin tidak akan bisa sekompetitif dirinya ketika berusia 38 tahun.”

Valentino Rossi Sebenarnya Maverick Vinales Sedikit Licik ...

Namun keunggulan Rossi bukannya tanpa cela. Menurut Crutchlow, Rossi beruntung karena ia mendapatkan dukungan penuh dari motor Yamaha M1. Dalam hal ini, skill nomor satu The Doctor mendapatkan kombinasi setelan apik M1, sehingga ia tetap garang berhadapan dengan sekian pebalap muda macam Marc Marquez dan Maverick Vinales.

Crutchlow kemudian membandingkan, andai Valentino Rossi memakai motor RC21V, keadaan bisa sama sekali berbeda. Pasalnya motor Honda itu cukup galak untuk dikemudikan, termasuk inkonsistensi motor ini sepanjang musim 2017.
Sang pebalap Inggris menambahkan, “Dengan segala hormat, mengingat usianya, saya bisa mengatakan Rossi cukup beruntung bisa kembali mengendarai Yamaha saat ini di MotoGP.”

“Jika seorang pebalap tidak pernah mengendarai Honda, maka mereka tidak akan pernah tahu bagaimana sulitnya menaklukkan motor ini. Butuh mental dan pikiran yang jernih untuk bisa mengendalikan motor Honda karena terkadang Anda harus mengambil keputusan di tengah balapan.”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here