Loading...
Dunia Militer

[Video] Intip Lebih Dekat Kendaraan Peluncur Roket R-Han 122B

Sosoknya yang tampil beda memang langsung membetot perhatian jagad netizen, apalagi truk dengan desain futuristik ini seperti dijelaskan mengemban peran sebagai self propelled MLRS (Multiple Launcher Rocket System). Tampak Muka sebagai panser Anoa, sementara tampak bagian tengah dan bagian peluncur desainnya laksana M142 HIMARS (High Mobility Artillery Rocket System) yang digunakan AD Singapura. Tak pelak ransus (kendaraan khusus) yang disebut sebagai Kendaraan Peluncur Roket MLRS R-Han 122B ini menarik perhatian pada awal Februari 2018 lalu.

Baca juga: Prototipe Self Propelled MLRS dari Bandung, Tampilkan Desain ‘Kawin Silang’ Anoa-HIMARS

Dalam kapasitasnya sebagai prototipe peluncur roket, sampai saat ini kendaraan besutan PT Prafir Jaya Abadi ini memang belum sekalipun melakukan uji daya gempur. Pihak PT Prafir dalam Pameran Bursa Litbang Pertahanan di Gedung Balitbang Kementerian Pertahanan, Pondok Labu, Jakarta Selata (28-29 Agustus 2018), menyebutkan bahwa sampai saat ini belum juga dilakukan uji tembak roket, lantaran roket dari pihak LAPAN yang belum siap.

Baca Juga:  Menteri Keamanan Nasional AS Undang Ketua BNPT Komjen Pol Suhardi Alius Berkunjung ke Gedung Putih

Dengan kondisi tersebut, hasil Litbanghan tahun 2017 ini baru sebatas diuji dinamis, seperti melaju di berbagai medan di sekitaran wilayah Bandung, Jawa Barat. Gelaran Pameran Bursa Litbang Pertahanan, menjadi momen pertama bagi kendaraan peluncur ini menyambangi Jakarta.

Walau terlihat kokoh, sentuhan desain luar kendaraan dari basis truk diesel 7600cc ini masih terlihat kurang rapih. Namun yang menarik adalah bagian kompartemen kemuudi. Selain desain mengacu moncong panser Anoa, body kompartemen berikut kaca kemudi ternyata sudah berlapis baja yang mampu mehanan terjangan proyektil munisi kaliber sedang.

Dari dalam kompartemen yang berpendingin AC split, operator penembak roket dapat menjalankan pelepesan roket secara manual dan otomatis. Sebagai kendaraan militer, pada bagian atas kompartemen kemudi, telah disiapkan lubang palka (hatch) untuk juru tembak yang mengoperasikan senapan mesin sedang.

Baca Juga:  Lima Makanan Tradisional jadi Teman Perjuangan Saat Melawan Penjajah

Baca juga: Intip Detail, MLRS RM70 Vampire Batalyon Roket 2 Korps Marinir

Untuk bagian peluncur roket, nampak berbeda dengan desain MLRS RM70 Grad/Vampire milik Korps Marinir. Dalam spesifikasinya, peluncur ini dapat disiapkan untuk 18 sampai 40 peluncur roket 122 mm. Fitur lain yang ada pada kendaraan peluncur roket ini adalah all around view camera (eagle eye) dan cylinder position monitoring sensor. (Haryo Adjie)

Sumber: Indomiliter.com
Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.