Loading...
Dunia Militer

Waduh, EF-2000 Spanyol Tak Sengaja Tembakkan Misil

Jet tempur Eurofighter EF-2000 Typhoon Angkatan Udara Spanyol © Alan Wilson via Wikimedia Commons


Jet tempur EF-2000 Angkatan Udara Spanyol keliru luncurkan rudal udara-ke-udara AIM-120 AMRAAM di wilayah udara Estonia, seperti dilansir dari laman situs Angkatan Bersenjata Estonia.


Sore ini pukul 15:44 waktu setempat, terjadi insiden di mana sebuah pesawat tempur Eurofighter EF-2000 Spanyol menembak ke arah yang salah dengan rudal udara-ke-udara yang mengarah ke dekat perbatasan Rusia.


Kejadian tersebut terjadi di sekitar pangkalan udara Pangod, di sekitar Otepaa. Jalur penerbangan, lokasi dan juga status penerbangan yang tepat telah ditetapkan.


Rudal itu memiliki mode penghancuran diri sendiri yang menjamin pemusnahannya di udara, tetapi tidak mengesampingkan bahwa misil itu mendarat di tanah. Misil jenis AIM-120 AMRAAM memiliki panjang 3,7 meter, diameter 18 cm, dan rudal tersebut membawa bahan peledak. Lokasi terakhir dari misil yang ditembakkan itu adalah 40 kilometer di sebelah utara Tartu, dekat perbatasan Rusia.

Baca Juga:  Jalan Panjang Evolusi Rantis Amfibi K-61 Marinir

Angkatan Bersenjata Estonia telah meluncurkan prosedur operasi pencarian yang juga menggunakan helikopter milik Angkatan Udara Estonia.


Dalam kasus pengamatan objek yang mungkin merupakan bagian dari roket atau pun rudal, Angkatan Bersenjata tidak akan menghubungi dengan cara apapun, tetapi akan memusnahkan rudal itu dan segera melaporkannya ke Angkatan Udara.


Pesawat tempur Eurofighter Typhoon 2000 Spanyol, yang terlibat dalam insiden itu, telah kembali ke markas. Melindungi wilayah udara Baltik dari pelepasan udara dari Amari dan Siauliai akan terus berlanjut. Investigasi telah dimulai untuk memperjelas dan menyelidiki penyebab dari kejadian tersebut.

– Jakartagreater.com

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.