minum air

Dalam tiap promosinya Kangen Water kerap mengklaim bahwa minuman dengan kandungan alkali ini bekerja membersihkan racun berbahaya dari dalam tubuh, sehingga mampu jadi obat bagi berbagai penyakit.

Menyikapi ini, seorang dokter bernama I Made Cock Wirawan membantah klaim dari produsen air alkali tersebut dan menuliskan alasannya di laman Blog Dokter pada Kamis (23/11/2017) sekaligus membeberkan bukti tertulis dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Pagi ini saya menerima kabar dari seorang teman tentang hoax Kangen Water. Mengapa hoax? Karena khasiat yang digembar-gemborkan oleh produsen Kangen Water ternyata tidak sesuai dengan yang sebenarnya,” demikian tulis dr Made.

Selembar foto copi berita acara pemeriksaan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk PT Enagic Indonesia diunggah di blog tentang kesehatan tersebut.

kangen water

Kemenkes memerintahkan PT Enagic Indonesia yang selama ini menjadi produsen Kangen Water untuk:

Menarik brosurnya yang mencatut nama Kementerian Kesehatan RI, menarik brosur yang menyebut bahwa mesin Kangen Water sebagai “medical device” dan terakhir tidak mengklaim bahwa produk mesin ionisasi yang dijualnya sebagai produk yang menyehatkan serta menyembuhkan.

Dalam penjelasannya dr Made menyatakan bahwa secara pribadi ia sudah lama membahas produk ini karena berbagai klaim yang ada dalam promosinya.

“Kangen Water yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit adalah air alkali yang bila diminum akan sama saja dengan air biasa. Setelah mencapai lambung, air alkali ini akan diasamkan oleh asam lambung sehingga pH-nya akan kembali netral,” ungkap dia.

Jika penderita maag meminum Kangen Water, yang ada malah ia merangsang produksi asam lambung. Hal ini berbahaya sebab bisa menyebabkan maag bertambah parah.

Perihal testimoni orang yang mengaku merasa sembuh usai minum air alkali, itu bisa saja hanya sugesti.

“Menurut beberapa testimoni, banyak yang mengatakan bahwa mereka sembuh setelah minum air alkali. Dalam dunia medis ini disebut dengan istilah Placebo Effect yang kalau diterjemahkan ke dalam bahasa awam disebut dengan istilah sugesti,” ungkapnya lagi seperti dilansir oleh laman liputan6.com.

Harapan dr Made, masyarakat nantinya tak lagi mudah percaya klaim sepihak dari produk serupa, yang ternyata hanyalah hoax.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here