Home / Lifestyle / Waduh, Parfum Sebabkan Polusi Udara?

Waduh, Parfum Sebabkan Polusi Udara?

parfum

Penggunaan parfum sudah jadi kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar orang setiap hari. Mulai dari parfum yang murah, sampai kelas ekslusif berbanderol mahal, semua sama tujuannya yakni ingin memberikan aroma yang wangi dan menarik.

Namun disisi lain, ternyata penggunaan pewangi tersebut dapat ikut andil dalam mencemari udara. Benarkah demikian?

Pada laman Techy Youth, seorang dokter dari India membeberkan bahan pembuat parfum yakni terdiri atas larutan senyawa terpen, aldehid, keton, alkohol, dan eter. Agar wangi maka diberi bahan dari tumbuhan, hewan, atau sintetis yang menarik indera penciuman.

Untuk melarutkan semua bahan di atas, digunakanlah etanol dan air agar lebih encer dan dapat disemprotkan.

Saat disemprot ini, tercipta asap Volatile Odoriferous Components (VOC’s) yang terbang ke udara.

VOC’s yang ada di udara jika bercampur dengan zat lain akan terjadi reaksi kimia yang dapat bersifat racun.

Disebutkan juga, bahan kimia pada parfum apabila bereaksi dengan oksigen bisa menjadi peroksida. Bahan peroksida tersebut jika terhirup akan menjadi radikal bebas berbahaya bagi kesehatan.

Kebiasaan menyemprot parfum sampai berlebihan pun kurang baik sebab jika terhirup, dapat mengendap dalam paru-paru sampai ke otak.

Volatile Odoriferous Components adalah salah satu bahan kimia dalam parfum yang juga mempengaruhi sistem organ tubuh. Dalam jangka panjang, ia bisa memicu kerusakan paru-paru, hati, dan ginjal.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *