Loading...
Lifestyle

Wow, Awal dan Akhir Januari 2018 Bakal Muncul Fenomena Supermoon

DQIGxyfUQAEHpVA

Fenomena supermoon atau bulan purnama yang tampak lebih besar dari biasanya akan terjadi dua kali pada fase purnama Januari 2018. Tepatnya adalah pada awal bulan dan akhir bulan yakni tanggal 2 atau nanti malam dan 30 serta 31 Januari.

Sayangnya, untuk tanggal 2 ini masyarakat Indonesia tak bisa menyaksikan karena bulan sudah terbenam yakni pukul 04.48 WIB, sedang puncak supermoon terjadi pada pukul 09:24 WIB alias matahari sudah terang sekali.

“Bulan akan berada pada jarak terdekatnya dari Bumi pada tahun 2018, yaitu sejauh 356.565 km,” tulis BMKG, Senin (1/1).

Namun Anda yang masih penasaran bisa mencoba melihat fenomena tersebut di tanggal 30 Januari mendatang karena supermoon saat itu untuk wilayah tanah air akan terbit sejak pukul 16:56 WIB sore.

Baca Juga:  Apakah Benar Bahwa Air Tebu Bisa Menurunkan Berat Badan?

Artinya, puncak supermoon 31 Januari 2018 terjadi pukul 20:26 WIB, lima jam usai terbit.

Uniknya lagi, fenomena bulan super di akhir Januari akan berlangsung bersamaan dengan gerhana bulan total. Waktu gerhana diprediksi mulai awal malam hingga tengah malam. Sedangkan gerhana total terjadi dalam waktu satu jam 16 menit.

Menurut BMKG, saat itu bulan akan terlihat berwarna merah. Supermoon kali ini besar bulan akan lebih besar 14% dan lebih terang sekitar 30% dari biasanya.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.