Loading...
MotoGP

Yamaha Bakal Gandeng Tim Bentukan Valentino Rossi di MotoGP 2019?

Yamaha Bakal Gandeng Tim Bentukan Valentino Rossi di MotoGP 2019

Yamaha kemungkinan besar bakal memarkir Tech 3 sebagai tim satelit mereka. Sebagai ganti, Yamaha siap menggandeng tim bentukan Valentino Rossi, VR46 Racing. Entah itu mulai MotoGP 2019, atau mungkin lebih lama lagi setelah Rossi pensiun.

Bukan hanya para pebalap yang khawatir menjelang MotoGP 2018, terkait kontrak mereka yang diperpanjang atau tidak. Tim-tim satelit yang kontraknya rampung akhir musim juga sedang berjudi dengan nasib, hendak bertahan dengan pabrikan lama atau berubah.

Tech 3, tim satelit Yamaha, musim lalu tampil luar biasa. Menggunakan motor YZR M1 sasis tahun sebelumnya, mereka justru mampu melambungkan dua rookie: Johann Zarco dan Jonas Folger. Bahkan, Zarco mampu finish di enam besar, mengalahkan juara dunia tiga kali, Jorge Lorenzo.

Dengan keberhasilan mereka itu, Tech 3 seharusnya cukup menjanjikan. Namun nyatanya menurut bos Tech 3, Herve Poncharal, timnya berganti pabrikan ketika kontrak dengan Yamaha berakhir di MotoGP 2018.

Gara-garanya adalah, Yamaha sedang mempersiapkan ruang untuk tim bikinan Valentino Rossi, VR46 Racing yang saat ini sudah berada di Moto2 dan Moto3. Yamaha, dengan mempertimbangkan banyak hal termasuk selera pasar, lebih memilih tim Rossi daripada Tech 3.

Yamaha Bakal Gandeng Tim Bentukan Valentino Rossi di MotoGP 2019 3

Sejatinya semua masalah bisa teratasi jika Yamaha berbuat seperti Ducati, yang memiliki beberapa tim satelit. Namun, Yamaha memastikan hanya bakal mempunyai satu tim satelit, yang berarti pilihannya antara Tech 3 atau tim Valentino Rossi.

Dikutip dari Okezone.com, Herve Poncharal menuturkan, “Saya melakukan beberapa diskusi dengan mereka (Yamaha), saya bertanya, ‘bisakah Anda memiliki enam motor di grid? (satu tim pabrikan, dan dua tim satelit)’ Mereka berkata, ‘tidak, itu terlalu banyak’.”

“Saya berkata, ‘baiklah, jika Anda disodori permintaan dari VR46 dan Tech 3, siapa yang akan menjadi prioritas (Yamaha sebagai tim satelit)?’ ‘(Jawabannya adalah) VR46.’ Jadi (keinginan Yamaha) ini sudah jelas.”

MotoGP sendiri sedang berambisi untuk memperluas jumlah pebalap menjadi 24. Dalam konsep Dorna sebagai pengelola, nantinya ada 12 tim, yang terdiri dari 6 pabrikan dan 6 tim satelit. Jadi, Tech 3 bisa bergabung ke pabrikan lain misalnya KTM.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.