zaskia_sungkar

Desainer busana muslimah, Zaskia Sungkar dikabarkan baru usai menjalani operasi pengobatan penyakit endometriosis yang dialaminya di Malaysia. Ia mengungkap rasa syukur atas keberhasilan operasi tersebut lewat akun Instagram miliknya.

“Alhamdulillah aku udh sadar masih recovery after surgery,” tulis dia di @zaskiasungkar15.

Keinginan kuat untuk segera memiliki keturunan di tahun ke-enam pernikahan dengan Irwansyah, rupanya mendorong wanita cantik ini untuk mencari kesembuhan.

Apa sebenarnya endometriosis yang dihadapi oleh Zaskia dan apa hubungannya dengan mendapatkan keturunan?

Dalam beberapa sumber, disebutkan bahwa endometriosis adalah tumbuhnya jaringan di dinding rahim (endometrium), yang tidak pada tempatnya.

Jika kondisi ini terjadi maka akan muncul beberapa masalah di organ reproduksi tersebut yakni nyeri hebat saat haid. Darah haid juga lebih banyak, bahkan sampai sulit hamil.

“Kalau sudah nyeri, banjir saat menstruasi itu perlu dilakukan pemeriksaan. Dikhawatirkan ada endometriosis, untuk itu perlu diperiksa,” kata dokter Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K), seperti dilansir laman liputan6.com.

Tidak hanya nyeri hebat dan banjirnya darah haid, beberapa gejala lain yang bisa mengindikasikan terjadinya endometriosis adalah sakit yang mengganggu saat berhubungan intim dengan pasangan.

Ada juga yang merasa nyeri di panggul, nyeri di bokong, nyeri di perut bawah hingga ke belakang punggung.

Namun dengan kemajuan ilmu medis saat ini, endometriosis dapat disembuhkan. Mantan penderita yang sudah sembuh pun bisa juga mendapatkan keturunan.

Apabila penyebab endometriosis adalah gangguan hormonal, ini bisa diatasi dengan minum obat yang diberikan dokter kandungan. Jika bentuknya kista, dapat dilakukan operasi laparoskopi dan terapi.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here